(Video) Presiden Erdogan Tegaskan Turki Negara Sekuler, Bukan Negara Islam

3396

Moslemtoday.com : Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan dalam salah satu pernyataannya menegaskan bahwa Turki adalah negara sekuler dan bukan negara salah satu agama tertentu. Presiden Erdogan memastikan dengan menggunakan sistem sekuler, Turki memiliki jarak yang sama dengan orang-orang dari semua kepercayaan.

“Ada upaya serius yang dilakukan untuk mempersiapkan sebuah konstitusi baru menggantikan sistem sekuler kita. Namun saya tegaskan Turki akan tetap menjadi negara sekuler,” ungkap Erdogan menolak seruan dari Ketua Parlemen Turki untuk membuat konstitusi baru yang akan menyingkirkan konsep sekularisme.

“Turki mendefinisikan sekularisme sebagai negara yang berada pada jarak yang sama dengan semua agama. Sekularisme bukanlah ateisme, Saya Recep Tayyip Erdoğan, seorang Muslim, tapi saya bukan sekuler,” ungkap Erdogan, seperti dilansir dari media Turki, Daily Sabah, Selasa, (30/1/18).

“Dalam sebuah negara sekuler, orang memiliki kebebasan yang sama untuk percaya atau tidak. Saya berharap Mesir akan mengadopsi sebuah konstitusi sekuler karena sekularisme tidak anti agama. Jangan takut akan hal itu,” papar Erdogan.

Ketika ditanya tentang seruan untuk membuat konstitusi baru Turki yang menekankan penerapan Syariat Islam, Presiden Erdoğan mengatakan: “Jika hak dan kebebasan dari semua agama dilindungi, mengapa harus ada kebutuhan untuk menerapkan syariat Islam?”

“Inilah yang telah kami serukan sejak awal, Ketika Partai AK pertama kali berkuasa, seseorang di sebuah acara TV bertanya kepada saya apakah saya akan mengembalikan jilbabnya. Saya mengatakan itu bukan agenda kami, kami tidak pernah menganjurkan jilbab untuk semua orang,” ungkap Erdogan. (DH/MTD)

Simak Videonya :

Sumber : Daily Sabah | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here