(Video) Sudah 3.200 Warga Suriah Dievakuasi dari Darayya

711

Moslemtoday.com : Dua hari setelah bus pertama mengangkut sejumlah penduduk terkepung di Darayya, kini sudah 3.200 orang berhasil menghirup udara kebebasan. Mereka terdiri dari 2.400 warga sipil dan 800 pejuang oposisi. Demikian sebagaimana dilansir dari NBC News, Minggu (28/8/2016).

Sesuai perjanjian untuk mengakhiri empat tahun pengepungan terhadap Darayya, ribuan warga diberi pilihan untuk tetap tinggal atau mengungsi ke tempat yang lebih aman. Mereka yang bersedia, dipindahkan secara bertahap menggunakan bus dengan pengawalan dari sejumlah mobil ambulans dan palang merah.

Rombongan pertama telah meninggalkan kota itu pada Jumat 26 Agustus siang waktu setempat. Perempuan, anak-anak dan orang tua menjadi penumpang prioritas.

Para pemberontak beserta keluarganya dibawa ke tempat penampungan di Provinsi Idlib yang memang jadi basis kekuasaan militan bersenjata penentang rezim Presiden Suriah Bashar al Assad. Sementara warga sipil diantarkan ke Damaskus, Ibu Kota Suriah yang masih berada di bawah kendali pemerintah.

Para warga Darayya telah hidup dalam penderitaan selama bertahun-tahun, sejak perang bergulir di Suriah pada 2012. Warga yang pernah tinggal di sana mengatakan, kota telah hancur sama sekali. Darayya jelas tidak lagi layak untuk dihuni. (Okz)

Sumber : NBC News

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here