(Video) Trump : “Saya akan memotong bantuan keuangan bagi negara-negara yang melawan AS”

1892

Moslemtoday.com : Presiden AS Donald Trump mengancam akan memotong bantuan keuangan bagi negara-negara yang memilih rancangan Resolusi PBB yang menyerukan agar Amerika Serikat menarik keputusannya atas pernyataan Jerusalem sebagai ibukota Israel.

“Mereka mengambil ratusan juta dolar bahkan miliaran dolar, dan kemudian mereka memilih untuk melawan kami. Kami akan memantau voting itu. Biarkan mereka memilih melawan kita. Kita akan menghemat banyak uang. Kami tidak peduli,” ungkap Trump kepada wartawan di Gedung Putih, seperti dilansir dari Reuters, Kamis, (21/12/17).

Majelis Umum PBB yang beranggotakan 193 negara akan mengadakan sidang darurat kamis ini atas permintaan negara-negara Arab dan Muslim – untuk memberikan suara pada sebuah rancangan resolusi, yang diveto Amerika Serikat pada hari Senin di Sidang Dewan Keamanan PBB.

Duta Besar AS Nikki Haley, dalam sebuah surat kepada puluhan negara bagian PBB pada hari Selasa yang dilihat oleh Reuters, memperingatkan bahwa Trump telah memintanya untuk “melaporkan kembali negara-negara yang telah memilih untuk melawan AS.”

Nikki Haley terus terang menggemakan seruannya di Twitter: “AS akan mencatat nama-nama negara tersebut.”

“Saya menyukai pesan yang dikirim Nikki kemarin di Perserikatan Bangsa-Bangsa, untuk semua negara yang mengambil uang kami dan kemudian mereka memberikan suara menentang kami di Dewan Keamanan, atau mereka memberikan suara menentang kami di sidang majelis umum PBB,” kata Trump.

Menurut angka dari badan bantuan pemerintah AS, USAID pada tahun 2016, Amerika Serikat memberikan bantuan keuangan senilai $ 13 miliar kepada negara-negara di sub-Sahara Afrika dan $ 1,6 miliar kepada negara-negara di Asia Timur dan Oceania (Samudera Pasifik).

AS juga memberikan bantuan keuangan sekitar $ 13 miliar ke negara-negara di Timur Tengah dan Afrika Utara, $ 6,7 miliar ke negara-negara di Asia Selatan dan Tengah,  $ 1,5 miliar ke negara-negara di Eropa dan Eurasia dan $ 2,2 miliar ke negara-negara Belahan Barat, menurut USAID.

Sementara itu Miroslav Lajcak, presiden Majelis Umum PBB, menolak untuk mengomentari ucapan Trump, Miroslav mengatakan : “Adalah hak dan tanggung jawab negara-negara anggota untuk mengekspresikan pandangan mereka tanpa intervensi negara lain.” (DH/MTD)

Simak Video Dokumentasi RT :

Sumber : Reuters
Redaktur : Hermanto Deli

comments

7 COMMENTS

  1. […] Trump telah memperingatkan sebelum pemungutan suara bahwa bantuan keuangan akan dipangkas ke negara-negara yang memilih menentang langkah Washington di Majelis Umum. “Mereka mengambil ratusan juta dolar dan bahkan miliaran dolar, dan kemudian mereka memberikan suara menentang kita. Baik kita akan mencatat suara itu. Biarkan mereka memberikan suara melawan kita. Kita akan menghemat banyak uang, Kami tidak peduli,” ungkap Trump mengatakan kepada wartawan di Gedung Putih pada hari Rabu. (Simak video pernyataan ancaman Trump tersebut disini, KLIK) […]

  2. […] Trump telah memperingatkan sebelum pemungutan suara bahwa bantuan keuangan akan dipangkas ke negara-negara yang memilih menentang langkah Washington di Majelis Umum. “Mereka mengambil ratusan juta dolar dan bahkan miliaran dolar, dan kemudian mereka memberikan suara menentang kita. Baik kita akan mencatat suara itu. Biarkan mereka memberikan suara melawan kita. Kita akan menghemat banyak uang, Kami tidak peduli,” ungkap Trump mengatakan kepada wartawan di Gedung Putih pada hari Rabu. (Simak video pernyataan ancaman Trump tersebut disini, KLIK) […]

  3. […] Trump telah memperingatkan sebelum pemungutan suara bahwa bantuan keuangan akan dipangkas ke negara-negara yang memilih menentang langkah Washington di Majelis Umum. “Mereka mengambil ratusan juta dolar dan bahkan miliaran dolar, dan kemudian mereka memberikan suara menentang kita. Baik kita akan mencatat suara itu. Biarkan mereka memberikan suara melawan kita. Kita akan menghemat banyak uang, Kami tidak peduli,” ungkap Trump mengatakan kepada wartawan di Gedung Putih pada hari Rabu. (Simak video pernyataan ancaman Trump tersebut disini, KLIK) […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here