(Video) Ustadz Abu Zubair Al Hawary – Hukum Menambahkan Lafadz Sayyidina dalam Adzan

960

Pertanyaan : 

Apa hukumnya menambahkan kata “sayyidina” ketika membaca “Asyhadu Anna Muhammadar Rasulullah” saat adzan?

Jawaban : 

Bismillah, sebenarnya memang benar ya dalam madzhab Syafi’i memang membolehkan menambahkan lafadz “Sayyidina” dalam adzan, dalam tasyahud, dan juga dalam shalawat-shalawat yang lainnya, jadi itu memang ada.

Kemudian walaupun ada sebagian ulama seperti, tetap saja kita sebagai muslim itukan beragama harus belajar berusaha menggali dasarnya dari mana, dalilnya dari mana, kemudian nanti kita pilih pendapat yang paling kuat. Nah sekarang kan ada perbedaan pendapat diantara para ulama dalam masalah ini, ada yang membolehkan dan ada yang tidak membolehkan. Tentu kitapun tidak bisa mengklaim 100% bahwa pendapat kita itu pasti 100% benar, kan kita tidak bisa juga mengklaim seperti itu.

Maka dalam hal itu kita harus berhati-hati, kita berusaha memilih pendapat yang paling shahih. Nah, dalam hal ini kita lihat dalil-dalilnya.

Selengkapnya simak penjelasan Ustadz Abu Zubair Al Hawary dalam pembahasan Hukum Menambahkan Lafadz “Sayyidina” dalam Adzan dalam program Bincang-bincang Santai bersama Telaga Hati TV Pekanbaru berikut ini :

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here