Walikota London Sadiq Khan : “Kunjungan Trump ke kota ini tidak akan disambut istimewa”

940

Moslemtoday.com : Walikota London Sadiq Khan mengatakan bahwa London sebagai kota “toleransi, terbuka dan keragaman” tidak akan melakukan upacara istimewa untuk menyambut kedatangan Presiden AS Donald Trump dalam kunjungan resmi ke kota tersebut.

Pernyataan itu diungkapkan Sadiq Khan setelah Majelis London menanyakan kepadanya bagaimana pemerintah kota akan mempersiapkan kunjungan kenegaraan resmi dari Trump. “Sebagai Walikota, saya akan selalu berbicara untuk melindungi kepentingan dan keamanan London. Sebelumnya saya sudah meminta PM Theresa May untuk membatalkan tawaran kunjungan kenegaraannya kepada Presiden Trump,” kata Khan, seperti dilansir dari Anadolu Agency, Kamis, (28/12/17).

“Setelah kejadian terakhir, di mana Presiden Trump menggunakan Twitter untuk mempromosikan sebuah pesan ekstremis untuk menabur perpecahan dan kebencian di negara kita. Hal ini sudah jelas bahwa setiap kunjungannya disini tidak akan disambut,” tambah Sadiq Khan.

Trump dijadwalkan akan melakukan kunjungan resmi ke Inggris dan mengadakan pertemuan dengan perdana menteri Inggris pada bulan Februari mendatang.

Trump meretweet tiga video anti-Muslim bulan lalu yang menimbulkan gelombang kemarahan di Inggris dan menyebabkan politisi senior berbicara menentang kunjungan apapun dari Trump. PM Theresa Mey menggambarkan tweet Trump tersebut sebagai “kesalahan fatal”.

Namun Mei menolak untuk membatalkan kunjungan tersebut meski ada kecaman yang meluas, termasuk dari Khan. Khan menyatakan bahwa orang-orang Inggris termasuk dirinya sendiri, mencintai Amerika namun komentar terbaru Trump bertentangan dengan sikap Inggris tentang rasisme dan kebencian.

Sadiq Khan menegaskan : “London adalah suara toleransi, keterbukaan dan keberagaman, dan Mr Trump telah menunjukkan waktu dan waktu lagi bahwa pandangannya benar-benar tidak sesuai dengan nilai yang dimiliki oleh kota London.” (DH/MTD)

Sumber : Anadolu Agency | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2017) – Moslemtoday.com

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here