Washington Tidak Masalah dengan Rencana Turki untuk Mengubah Nama Jalan Kedutaan Besar AS

2027

Moslemtoday.com : Turki berencana mengganti nama jalan Kedutaan Besar AS di Ankara setelah operasi militer Turki di Afrin, Suriah selesai. Washington turut menanggapi rencana Turki tersebut dan menyatakan bahwa AS tidak keberatan dengan rencana itu.

“Saya mendengarnya, saya juga mendengar bahwa Rusia sedang memikirkan untuk melakukan hal yang sama,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri Heather Nauert, seperti dilansir dari Sputnik, Rabu, (14/2/18).

“Saya pikir itu hanya masalah internal. Jika Ankara memutuskan ingin mengganti namanya, terutama Turki dan Rusia, kami mendukung kebebasan mereka, mereka dapat menyebutnya apa pun yang mereka inginkan asalkan sesuai dengan hukum mereka sendiri. Kami baik-baik saja dengan itu,” ujar Heather Nauert.

Pada hari Senin kemarin, Walikota Ankara Mustafa Tuna mengatakan bahwa nama jalan  di Kedutaan Besar AS akan diganti namanya untuk mengenang operasi militer Turki “Operation Olive Branch” yang dilakukan oleh militer Turki di Afrin, Suriah Utara.

Pernyataan tersebut muncul di tengah meningkatnya ketegangan diplomatik antara AS-Turki saat Amerika Serikat terus mendukung Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) yang beroperasi di Suriah utara. Sementara Turki menetapkan kelompok YPG Kurdi sebagai organisasi teroris, yang merupakan sayap PKK yang dilarang di Turki. (DH/MTD)

Sumber : Sputnik | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here