WHO Akhirnya Deklarasikan Status Wabah Virus Corona Sebagai Pandemik

170

Moslemtoday.com : Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akhirnya mendeklarasikan status wabah virus corona (Covid-19) sebagai pandemik. Status pandemik adalah kondisi dimana suatu penyakit menular yang dapat menyebar dengan mudah, menginfeksi manusia secara berkelanjutan, dan menyebar di wilayah yang sangat luas mencakup lintas benua atau di seluruh dunia.

“Kami sangat prihatin dengan tingkat penyebaran dan dampak yang ditimbulkan oleh COVID-19. Karena itu, kami telah membuat penilaian bahwa COVID-19 dikategorikan sebagai pandemik,” kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus saat konferensi pers, seperti dilansir dari Channel News Asia, Kamis, (12/3/2020).

WHO mendesak komunitas global untuk melipatgandakan upaya penanggulangan wabah, dengan meningkatkan langkah-langkah agresif untuk mengekang penyebaran wabah menjadi lebih luas.

“Kami telah menyerukan setiap hari bagi negara-negara untuk mengambil tindakan mendesak dan agresif. Kami telah membunyikan bel alarm dengan keras dan jelas. Semua negara masih bisa mengubah arah pandemi ini. Jika negara mendeteksi, menguji, merawat, mengisolasi, melacak dan memobilisasi rakyatnya dengan respons,” ujar Tedros.

Dalam dua minggu terakhir, jumlah kasus coronavirus di luar China telah meningkat 13 kali lipat, dan jumlah negara yang terkena dampak telah meningkat tiga kali lipat. Dalam konferensi pers tersebut, Tedros tampak suram yang memperlihatkan sedikit dari keprihatinannya yang biasanya selalu tampak optimis.

“Saat ini sudah lebih dari 118.000 kasus di 114 negara dan 4.291 orang telah meninggal. Jumlah diperkirakan akan terus meningkat. Kita masih bisa memainkan peran besar untuk mengekangnya,” ungkap Tedros. (DH/MTD)

Sumber : Channel News Asia, Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here