WHO Deklarasikan Wabah Virus Corona Sebagai Darurat Kesehatan Global

162

Moslemtoday.com : Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akhirnya mendeklarasikan wabah virus corona sebagai darurat kesehatan global di tengah meningkatnya temuan penyebaran virus tersebut di beberapa negara.

“Saat ini 213 orang telah tewas akibat virus tersebut dan ada 98 kasus di 18 negara. Sebagian besar kasus muncul pada orang yang melakukan perjalanan dari kota Wuhan di China di mana wabah dimulai,” kata Tedros Adhanom Ghebreyesus, direktur jenderal WHO saat konferensi pers di Jenewa, seperti dilansir dari BBC, Jumat, (31/1/2020).

Dua kali pekan lalu, WHO memutuskan untuk tidak mengumumkan keadaan darurat global sementara mereka mencari lebih banyak informasi dari China dan menunggu bukti penyebaran virus antar manusia di negara-negara lain.

“Biar saya perjelas, deklarasi ini bukan suara tidak percaya kepada Pemerintah China. Tetati kekhawatiran terbesar kami adalah potensi penyebaran virus semakin meningkat ke negara-negara dengan sistem kesehatan yang lebih lemah,” tambah Tedros.

Dengan deklarasi tersebut, WHO merekomendasikan kepada semua negara untuk mencegah atau mengurangi penyebaran virus lintas batas, yang meliputi peningkatan pemantauan, kesiapsiagaan, dan tindakan pencegahan. (DH/MTD)

Sumber : BBC, Reuters | Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here