WHO Khawatir Indonesia Tidak Bisa Deteksi Virus Corona

1381

Moslemtoday.com : Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) khawatir Indonesia tidak bisa mendeteksi virus corona. Kekhawatiran itu muncul di saat beberapa negara tetangga Indonesia, seperti : Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Vietnam, Kamboja dan Australia telah mengkonfirmasi masuknya virus tersebut.

Sementara Indonesia dengan jumlah penduduk 270 juta jiwa belum melaporkan satu kasus pun yang menimbulkan kekhawatiran beberapa orang mungkin tidak terdeteksi.

Perwakilan WHO di Indonesia, Dr Navaratnasamy Paranietharan mengatakan pemerintah Indonesia telah mengambil langkah konkret untuk mengatasi masuknya virus corona tetapi masih banyak yang bisa dilakukan.

“Indonesia telah menyiapkan fasilitas yang ditugaskan untuk merawat pasien yang terinfeksi dan mulai menskrining setiap orang yang masuk ke Indonesia tetapi metode diagnostik masih lemah,” kata Dr Navaratnasamy, seperti dilansir dari Daily Mail, Senin, (10/2/2020).

“Masih ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan di bidang pengawasan dan persiapan fasilitas kesehatan yang memadai untuk dapat mendeteksi virus tersebut,” tambah Dr Navaratnasamy.

Pekan lalu, otoritas medis Indonesia hanya memiliki alat tes pan-coronavirus untuk mengidentifikasi semua virus jenis corona, seperti : flu biasa, SARS dan MERS, tetapi tidak ada satu pun laporan yang keluar.

Dr Paranietharan menambahkan WHO khawatir tidak ada kasus yang teridentifikasi setelah seorang ekspatriat Australia yang tinggal di Bali mengkritik fasilitas kesehatan setempat. Sementara itu, pihak berwenang telah memverifikasi bahwa pengujian laboratorium berfungsi dengan baik. (DH/MTD)

Sumber : Daily Mail | Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here