WHO Peringatkan Tidak Boleh Ada Negara yang Anggap Pandemi Sudah Berakhir

128

Moslemtoday.com : Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendesak setiap negara untuk terus menerapkan protokol kesehatan untuk mengendalikan penyebaran Virus Corona (Covid-19). Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus menekankan tidak boleh ada negara yang menganggap pandemi Covid-19 sudah berakhir.

“Semakin banyak kendali atas virus, semakin besar peluang aktivitas untuk buka kembali. Membuka kembali tanpa adanya kendali adalah salah satu resep untuk mendatangkan bencana. Tidak boleh ada negara yang berpura-pura bahwa pandemi telah berakhir,” ungkap Tedros, seperti dilansir dari CNBC, Selasa, (1/9/2020).

Tedros menekankan empat hal mendasar yang harus dilakukan oleh setiap negara, komunitas dan individu untuk mengendalikan virus, di antaranya : menghindari pertemuan dalam jumlah besar di tempat publik, melakukan uji klinis, pelacakan kontak dan isolasi tertarget. Tedros menambahkan bahwa setiap negara dan manusia bisa menemukan cara kreatif untuk bersosialisasi.

“Negara-negara harus menghidari kematian dengan melindungi orang-orang yang rentan, mulai dari orang tua, orang dengan kondisi kekurangan, hingga pekerja sektor primer. Ini akan membantu menyelamatkan nyawa dan meringankan beban sistem kesehatan negara,” ujar Tedros.

Tedros juga menyatakan bahwa setiap individu harus memainkan perannya dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan secara teratur. Tedros juga mengumumkan bahwa WHO baru-baru ini telah mengeluarkan panduan untuk hotel, kapal kargo dan kapal ikan agar bisa kembali memulai kegiatannya. (LBS/MTD)

Sumber : CNBC
Kontributor : Luli Bangkit Sugito
Redaktur : Hermanto Deli

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here