WHO : Terlalu Dini Untuk Menyatakan Virus Wuhan Corona sebagai Darurat Kesehatan Global

70

Moslemtoday.com : Di tengah meningkatnya kekhawatiran internasional terhadap penyebaran Wirus Wuhan Corona, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menolak untuk menyatakan wabah baru ini sebagai keadaan darurat global.

“Ini adalah keadaan darurat di Tiongkok, tetapi belum merupakan keadaan darurat kesehatan global, terlalu dini untuk menyimpulkan hal tersebut,” kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pada konferensi pers, seperti dilansir dari Xinhua, Jumat, (24/1/2020).

“Tapi saya ingin menegaskan bahwa bukan berarti WHO tidak menganggap situasi ini serius, kami mengikuti perkembangannya dari menit ke menit setiap hari,” tambah Tedros Adhanom.

WHO mencatat ada 584 kasus yang dikonfirmasi terkena virus ini yang dikenal dengan istilah : virus 2019-nCoV dan telah menewaskan 17 orang di Tiongkok.

Virus 2019-nCoV pertama kali dilaporkan dari seorang pasien yang telah mengunjungi pasar makanan laut dan daging di Wuhan. Virus wuhan corona menyebabkan gejala seperti pneumonia, termasuk batuk, demam, sakit kepala, sulit bernapas, dan kelelahan.

Tedros mengatakan Tiongkok telah mengambil langkah-langkah tepat untuk mencegah penyebaran virus ini lebih lanjut dengan mengisolasi dan larangan bepergian ke dan dari kota Wuhan, Cina dan kota-kota lain. Tedros berterima kasih kepada pemerintah Tiongkok atas kerja sama dan transparansi dalam menghadapi virus ini. (DH/MTD)

Sumber : Xinhua, www.who.int | Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here