Wujudkan Madrasah Ramah Anak, Kemenag Padang Panjang Hadirkan Psikolog

19

Padang Panjang, Humas_Wujudkan Satuan Pendidikan Ramah Anak pada Madrasah, Kemenag Kota Padang Panjang hadirkan Psikolog.

Acara ini dilaksanakan dalam rangka Pendampingan Madrasah Ramah Anak dan Madrasah Berprestasi yang diadakan di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang, Kamis (10/02/2022)

Kegiatan diikuti oleh Kepala Madrasah, Guru RA dan Guru BK dengan total peserta 41 orang dari Kota Padang Panjang

Kakankemenag Kota Padang Panjang Buya H. ALIZAR Datuak Sindo Nan Tongga dalam sambutannya menyampaikan bahwa, “pendidikan itu bermula dari hati, sesuatu yang bermula dari hati akan jatuh ke hati,” ujarnya.

“Menjadi Pendidik itu harus juga menjadi teladan dan dua hal ini harus dimiliki oleh orang tua dan guru,” ulasnya.

“Menindaklanjuti hal diatas maka kita hadirkan seorang Psikolog yang ahli dibidangnya untuk mewujudkan Satuan Pendidikan yang ramah pada satuan pendidikan (Madrasah) di Kota Padang Panjang,” tukasnya.

Sementara itu Narasumber acara ini Raden Roro Sri Nurhayatini, S. Psi, Psikolog dari RSUD Kota Padang Panjang memaparkan bahwa, “seorang pendidik harus jeli melihat permasalahan yang ada pada anak didik,” tuturnya.

“Apalagi mengatasi anak yang dalam masa pubertas, kita harus bisa mengarahkannya kearah yang lebih baik,” ujarnya.

“Ditambah lagi mengatasi anak pubertas di Era Milenial yang makanannya unik dan kebiasaan unik,” pungkasnya.

“Diantara respon-respon yang dapat dilakukan seorang pendidik (orang tua dan guru) : Pertama, menerima saran; Kedua, Hargai pemikiran anak; Ketiga, Mendiskusikan pemikiran,” ulasnya.

Pada kesempatan ini juga dipaparkan Edukasi Tindakan pencegahan (Preventif) bullying atau kekerasan serta menumbuh kembangkan minat, bakat dan kemampuan peserta didik.

Kegiatan ini langsung dipandu oleh Kasi Penmad Emi Ratna Aprilana dan diakhiri dengan diskusi tanya jawab. (Adi)

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here