Xi Jinping Peringatkan Joe Biden di Bali: Jangan Macam-macam soal Taiwan

71

Moslemtoday.com : Presiden China Xi Jinping memperingatkan Presiden AS Joe Biden agar tidak bertindak kelewat batas soal Taiwan. Menurut Xi, masalah Taiwan adalah inti dari kepentingan inti China dan “garis merah pertama” yang tidak boleh dilanggar dalam hubungan bilateral di antara kedua negara.

Peringatan itu disampaikan Xi langsung kepada Biden saat bertemu secara bilateral di sela-sela KTT G20 di Nusa Dua, Bali, Senin (14/11/2022).

Pertemuan itu merupakan tatap muka pertama mereka sejak 2017 sekaligus pertemuan pertama antara kedua pemimpin sejak Biden menjadi presiden AS. Xi mendesak komitmen AS untuk Beijing mengenai Taiwan ke dalam tindakan nyata.

“Masalah Taiwan adalah inti dari kepentingan inti China, landasan dasar politik hubungan China-AS, dan garis merah pertama yang tidak boleh dilanggar dalam hubungan China-AS,” kata Xi seperti dilansir dari Reuters, Rabu, 16 November 2022.

Beijing memandang Taiwan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari China. Pemerintahan Taiwan sendiri yang dipilih secara demokratis menolak klaim kedaulatan Beijing atas pulau tersebut. Sementara Amerika Serikat dalam beberapa tahun terakhir sering dituduh oleh China mendorong kemerdekaan Taiwan.

Sumber : Reuters | Redaktur : Hermanto Deli

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here