Yaman Puji Peran Koalisi Arab Melindungi Negaranya dari Ambisi Iran

886

Moslemtoday.com : Yaman memuji peran pasukan gabungan koalisi Arab yang telah melindungi negara tersebut dari ambisi Iran. Pemberontak Syi’ah Houthi melakukan kudeta pada tahun 2014 dan merebut banyak institusi dan lembaga, mendirikan negara mereka sendiri dan aparat militer serta menguasai ibukota Sana’a, Yaman.

Pada Maret 2015, Koalisi Arab di bawah pimpinan Arab Saudi turun tangan atas permintaan presiden Abd Rabbo Mansour Hadi untuk memukul mundur pemberontak Houthi yang didukung oleh Iran. Hingga sekarang, perang di Yaman masih terus berkecamuk dan pemberontak syi’ah Houthi sudah mulai terdesak.

“Koalisi Arab telah melindungi Yaman dari ambisi Iran untuk menguasai negara tersebut melalui pemberontak Houthi,” ungkap Wakil Presiden Yaman Ali Muhsin Al-Ahmar dalam pernyataannya seperti dilansir Saudi Press Agency, Senin, (21/8/2017).

Al-Ahmar menyerukan para gubernur dan pasukan tentara nasional Yaman untuk bergabung dan mendukung Pasukan Koalisi Arab untuk membebaskan dan memulihkan negara tersebut dari pemberontak Houthi dan pasukan kudeta.

Al-Ahmar memuji usaha yang mereka lakukan untuk menyelesaikan konflik. Ia mencatat bahwa rakyat Yaman saat ini tengah berkorban untuk berjuang menyelamatkan negaranya dari mimpi buruk atas kudeta houthi yang bersekutu dengan pasukan mantan presiden Ali Saleh yang telah menggulingkan pemerintahan yang sah di Yaman. (DH/MTD)

Redaktur : Deli Abdullah
Sumber : Saudi Press Agency

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here