Yayasan Dar el-Iman Padang dan Surau TV Luncurkan Program ATM Beras Untuk Warga Kurang Mampu

107

Moslemtoday.com : Yayasan Dar el-Iman Padang dan Surau TV meluncurkan program inovasi sosial untuk membantu warga kurang mampu di Kota Padang menggunakan ATM Beras. Melalui ATM Beras ini, warga kurang mampu bisa mendapatkan beras dengan menggunakan kartu layaknya mesin ATM.

Program ini diluncurkan di Kel. Lolong Belanti, bertempat di Studio Surau TV, Jl. Belanti Barat 6 No. 12 Padang, Senin, (9/9/2019). Turut hadir dalam peluncuran ini, Ketua RT/RW Lolong Belanti, Bapak Camat Padang Utara Editiawarman, Kabid. Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Kota Padang Drs. Martias.

Dalam sambutannya, Buya Muhammad Elvi Syam selaku Ketua Umum Yayasan Dar el-Iman mengungkapkan program unggulan Yayasan yang berfokus pada tiga bidang utama, yaitu : Dakwah, Pendidikan dan Sosial.

Di bidang Dakwah, Yayasan membuat Surau TV untuk mensyi’arkan dakwah Islam ke seluruh penjuru Nusantara dan dunia yang bisa diakses melalui Satelit Parabola. Di bidang pendidikan, Yayasan memiliki lembaga pendidikan yang dimulai dari tingkat PAUD hingga SMA dan Pondok Pesantren. Dan di bidang sosial, Yayasan memiliki : Lazis, Dar el-Iman Peduli, Program Bakti Sosial dan Sunatan Massal, dan yang terbaru : Program ATM Beras.

Untuk tahap awal, penerima program ATM Beras ini dibagikan kepada 47 warga kurang mampu yang berada di Kel. Lolong Belanti, Kec. Padang Utara melalui kerja sama dengan Ketua RT/RW Kel. Lolong Belanti untuk mengumpulkan data dan melakukan verifikasi langsung ke rumah warga untuk memastikan kelayakan penerima program.

“Penerima program dibagikan kartu kemudian sekali sepekan bisa datang langsung ke studio Surau TV dan menempelkan kartu di mesin ATM khusus, beras akan keluar seberat 2,5 kilogram,” kata General Manajer Surau TV Sutan Dafrizal, selaku pelaksana Program ATM Beras ini.

“Warga yang telah mendapatkan kartu, bisa mengambil berasnya sekali seminggu pada hari Sabtu pukul 09.00 hingga pukul 12.00 WIB,” ungkap Sutan Dafrizal.

Sutan Dafrizal mengungkapkan untuk pengadaan mesin ATM Beras ini, Yayasan Dar el-Iman Padang bekerja sama dengan Yayasan Suara Dakwah Pekanbaru yang sebelumnya telah meluncurkan program yang sama di Kota Pekanbaru, Riau.

“Untuk mesin ini, kita bekerja sama dengan Yayasan Suara Dakwah Pekanbaru yang lebih dulu meluncurkan program ini dan untuk pengadaan berasnya dihimpun dari program sosial siswa dan santri lembaga pendidikan Yayasan Dar el-Iman serta bantuan dari para donatur,” kata Sutan Dafrizal.

Sementara itu, Bapak Camat Padang Utara Editiawarman menyambut baik program ATM Beras ini. “Pengentasan kemiskinan tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah tapi juga semua pihak termasuk masyarakat. Kami sangat berterima kasih kepada Yayasan Dar el-Iman dan Surau TV yang telah mengadakan program ATM Beras ini,” kata Editiawarman dalam sambutannya.

Kabid. Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Kota Padang Drs. Martias dalam sambutannya mengungkapkan program ATM Beras ini sangat bagus sekali dan diharapkan bisa menjadi program percontohan di Kota Padang.

“Kami berterima kasih kepada Yayasan Dar el-Iman yang setiap program kegiatannya seperti yang diterangkan Ustadz tadi terus mendukung dan turut membantu program Pemerintah Kota Padang. Pak Camat, semoga ini bisa kita terapkan di Kota Padang dan bisa menjadi program percontohan bagi kecamatan lainnya,” ungkap Drs. Martias. (DH/MTD)

Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here