Yordania Kirim Nota Protes ke Israel

1840

Moslemtoday.com : Yordania mengirimkan sebuah surat diplomatik berisi protes ke Israel terkait pelanggaran Israel yang tengah berlangsung di Masjid Al-Aqsa, kata kantor berita PETRA, Minggu.

Menurut menteri urusan media dan juru bicara pemerintah, Muhammad al-Momani, surat itu telah dikirim ke Kementerian Luar Negeri Israel.

Amman menuding Israel memperbolehkan kelompok ekstremis masuk ke halaman Masjid Al-Aqsa di bawah penjagaan polisi.

“Kami mengecam dan menolak adanya aksi provokatif dan tidak bertanggung jawab seperti itu. Berdasarkan undang-undang internasional dan undang-undang kemanusiaan internasional, Israel telah menyalahi kewajibannya sebagai penguasa di Yerusalem Timur,” ujar al-Momani seperti dilansir PETRA.

Al-Momani mengatakan bahwa tindakan tersebut melanggar semua norma internasional yang menekankan perlunya menghormati tempat-tempat ibadah semua agama.

Ia menambahkan, pemerintah Israel telah memperbolehkan para ekstremis naik ke atap Masjid Qubbat al-Sakhrah pada Minggu, untuk mengubah situasi historis dan hukum di Masjid Al-Aqsa.

Ia juga menekankan pentingnya menghormati peran Yordania di situs suci di Yerusalem Timur tersebut, sejalan dengan kesepakatan damai antara kedua negara.

Bagi umat Muslim, Al-Aqsa merupakan situs suci ketiga di dunia, sementara Yahudi menyebutnya sebagai “Gunung Kuil”, tempat dua kuil terkemuka di zaman Yahudi kuno.

Israel menduduki Yerusalem Timur – di mana Al-Aqsa berada – selama Perang Timur Tengah 1967, sebelum akhirnya menduduki seluruh wilayah pada 1980, dan mengklaimnya sebagai ibu kota negara Yahudi.

Sumber : Anadolu Agency

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here