Zaim Saidi, Pendiri Pasar Muamalah Dinar-Dirham Depok Ditangkap Polisi

1917

Moslemtoday.com : Bareskrim Polri menangkap pendiri Pasal Muamalah Depok, Jawa Barat, Zaim Saidi pada Selasa malam, (2/2/2021). Pasar tersebut sempat menarik perhatian publik karena bertransaksi menggunakan koin dinar dan dirham.

“Benar (Zaim Saidi ditangkap),” kata Karopenmas Polri Brigjen Rusdi Hartono seperti dilansir dari CNNIndonesia.com, Rabu (3/2) pagi. Namun demikian, Rusdi belum menuturkan lebih lanjut terkait dengan alasan penangkapan itu dilakukan.

Sementara, Lurah Tanah Baru, Kota Depok Zakky Fauzan mengatakan bahwa aktivitas pasar tersebut sedang dalam pendalaman oleh aparat kepolisian.

Pasar Muamalah itu sendiri beroperasi setiap Minggu per dua pekan sekali di Jalan Raya Tanah Baru, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, Kota Depok. Pasar Muamalah dibuka di sebuah ruko milik seorang warga bernama Zaim (60) dan beroperasi mulai pukul 7.00-11.00 WIB.

Setiap transaksi di pasar tersebut menggunakan koin dinar dan dirham. Pasar tersebut menjual sejumlah barang seperti sendal nabi, parfum, makanan ringan, madu, hingga pakaian.

Sementara itu, dikutip dari laman BI.go.id, Bank Indonesia menegaskan bahwa Rupiah adalah satu-satunya alat pembayaran yang sah di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Penggunaan mata uang selain Rupiah untuk bertransaksi dapat dijatuhi sanksi hukuman penjara dan denda.

Dikutip dari akun Instagram Zaim Saidi mohon do’a dan pamit kepada rekan-rekannya. “Saya harus pamit dalam segala bentuk komunikasi pada semua mulai malam ini. Ini terakhir saya ada akses berkomunikasi,” tulis Zaim Saidi.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Amir Zaim Saidi (@zaim.saidi)

Sumber : CNNIndonesia.com, @zaim.saidi, BI.go.id

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here