Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Ads

Arab Saudi: Tidak Akan Ada Normalisasi dengan Israel Tanpa Kemerdekaan Palestina


Moslemtoday.com :
Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan mengatakan mengatakan bahwa tidak akan ada normalisasi hubungan dengan Israel tanpa menyelesaikan masalah Palestina. Hal itu diungkapkan Pangeran Faisal dalam sebuah wawancara dengan Fareed Zakaria dari CNN yang disiarkan pada Ahad, 21 Januari 2024.

"Itulah satu-satunya cara agar kita bisa mendapatkan keuntungan. Jadi, ya, karena kita membutuhkan stabilitas dan hanya stabilitas yang akan datang melalui penyelesaian masalah Palestina," ungkap Pangeran Faisal bin Farhan seperti dilansir dari Al Arabiya, Senin, (22/1/2024).

"Apa yang kita lihat adalah Israel menghancurkan Gaza, penduduk sipil Gaza. Ini sama sekali tidak perlu, sama sekali tidak dapat diterima dan harus dihentikan," tegas Pangeran Faisal.

Senada dengan hal itu, Duta besar Arab Saudi untuk Amerika Serikat Putri Reema binti Bandar mengatakan bahwa Kerajaan tidak dapat melanjutkan pembicaraan tentang kesepakatan penting untuk mengakui Israel sampai ada gencatan senjata di Gaza.

"Saya pikir hal yang paling penting untuk disadari adalah bahwa [Kerajaan] Arab Saudi tidak menempatkan normalisasi sebagai inti dari kebijakannya. Kerajaan menempatkan perdamaian dan kemakmuran sebagai inti dari kebijakannya," ujar Putri Reema binti Bandar di sebuah panel di Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss.

"Kerajaan [Arab Saudi] sudah cukup jelas. Sementara ada kekerasan di lapangan dan pembunuhan terus terjadi, kita tidak bisa berbicara tentang hari berikutnya," ungkap Putri Reema.

Arab Saudi tidak pernah mengakui Israel dan tidak bergabung dengan Perjanjian Abraham yang ditengahi oleh AS pada tahun 2020, yang membuat negara-negara tetangga Teluknya, Bahrain dan Uni Emirat Arab, serta Maroko, menjalin hubungan resmi dengan Israel. Sementara itu, Pemerintahan Presiden AS Joe Biden telah mendorong keras agar Arab Saudi mengambil langkah yang sama. 

Pernyataan menteri luar negeri tersebut merupakan bagian dari wawancara yang direkam di sela-sela Forum Ekonomi Dunia yang diselenggarakan pekan lalu di Davos, Swiss, dan ditayangkan pada hari Ahad di CNN. ***

Sumber : Al Arabiya | Weblink : https://english.alarabiya.net/News/saudi-arabia/2024/01/21/Top-Saudi-diplomat-No-normalization-with-Israel-without-path-to-Palestinian-state

Editor : Hermanto Deli | Indonesian Islamic News Agency (IINA)

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel
Copyright © 2024 - Moslemtoday.com | All Right Reserved