AS dan Mesir Sepakat Perkuat Hubungan dalam Sektor Pertahanan

540

Moslemtoday.com : Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) James Mattis tiba di Mesir pada Sabtu dalam rangka kunjungannya ke negara-negara Timur Tengah.

Selama kunjungannya, Mattis menggelar diskusi dengan Presiden Mesir Abdel-Fattah al-Sisi.

Menurut kantor kepresidenan Mesir keduanya membahas ancaman regional dan internasional, khususnya terorisme dan ekstremisme.

Selain itu mereka juga berdiskusi soal upaya peningkatan kerja sama AS-Mesir dalam sektor pertahanan.

Keduanya sepakat bahwa diperlukan peningkatan upaya internasional dalam memberantas sumber daya terorisme, juga untuk menemukan resolusi politik atas krisis di kawasan Timur Tengah.

Dalam kesempatan tersebut, Mattis menyampaikan bela sungkawa atas serangan teroris baru-baru ini di sebuah masjid di Bir al Abed, Mesir.

Menurut pernyataan yang dirilis Pentagon, Mattis mengakui Mesir sebagai mitra pertahanan strategisnya, yang penting untuk stabilitas Timur Tengah.

Mattis juga mengapresiasi perjuangan Mesir dalam memberangus terorisme yang sedang berlangsung.

Jelang pertemuannya dengan Sisi, Mattis telah menemui Menteri Pertahanan Mesir Sedki Sobhi untuk membahas kerja sama militer antara kedua negara.

Setelah pertemuan dengan pimpinan Mesir, Mattis akan mengunjungi Yordania untuk berpartisipasi dalam Proses Aqaba, pertemuan untuk membahas solusi serangan ekstremisme di Afrika Barat, yang digelar oleh Raja Yordania Abdullah II.

Dari Yordania, Mattis akan bertolak ke Pakistan pada 4 Desember untuk menemui Perdana Menteri Pakistan Shahid Khaqan Abbasi dan Kepala Staf Militer Jenderal Qamar Bajwa.

Kunjungan kenegaraan tersebut akan diakhiri dengan kunjungan ke Kuwait pada 5 Desember.

Mattis dijadwalkan untuk bertemu dengan Emir Kuwait Sheikh Sabah al-Ahmad al-Sabah dan pejabat tinggi Kuwait lainnya.

Kunjungan ini dilaksanakan di tengah maraknya laporan media mengenai rencana Presiden AS Donald Trump yang akan mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel pada Rabu.

Sumber : Anadolu Agency

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here