Bahrain dan UEA Dukung Keputusan Maroko Putus Hubungan Diplomatik dengan Iran

456

Moslemtoday.com : Menteri Luar Negeri Uni Emirat Arab Anwar Gargash mengatakan UEA mendukung penuh keputusan Maroko memutus hubungan diplomatik dengan Iran setelah Iran terbukti ikut campur dalam urusan dalam negeri Maroko dengan mendukung gerakan separatis Front Polisario.

“Kami menyatakan solidaritas bersama Maroko dalam keprihatinannya atas gangguan nasional dan campur tangan Iran. Dukungan kami terhadap Maroko merupakan warisan sejarah yang telah diwariskan oleh Sheikh Zayed dan Raja Hassan dan pendirian kami akan tetap bersamanya dalam kondisi apapun,” ungkap Gargash, seperti dilansir dari Al Arabiya, Rabu, (2/5/18).

Bahrain juga menyatakan dukungannya atas keputusan Maroko memutus hubungan diplomatik dengan Iran karena Iran telah mendukung gerakan separatis Front Polisario yang ingin memerdekakan wilayah Sahara Barat dari Kerajaan Maroko.

Kementerian luar negeri Maroko mengumumkan pada hari Selasa kemarin, (1/5/18) memutus hubungan diplomatik dengan Iran dan menutup kedutaannya di Teheran dan mengusir duta besar Iran di Rabat untuk kembali ke negaranya.

Maroko menyebut Iran dan proksinya Hizbullah Lebanon telah melatih dan mempersenjatai militan Front Polisario. Menteri Luar Negeri Maroko, Nasser Bourita mengatakan bahwa Rabat memiliki bukti yang valid atas keterlibatan Iran dan Hizbullah dengan memberikan dukungan keuangan serta logistik kepada Front Polisario melalui kedutaannya di Aljazair. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here