Gelar Sholat Ied di Masa Pandemi, Masjid Al Ukhuwah BSD City Tangerang Ikuti Protokol Kesehatan Covid-19

    313

    Moslemtoday.com : Hari raya Idul Adha kali ini sangat berbeda dengan perayaan pada tahun-tahun sebelumnya. Hari besar umat Islam yang jatuh pada hari Jum’at, 31 Juli 2020 atau bertepatan dengan tanggal 10 Dzulhijjah 1441 Hijriah dirayakan di tengah masa pandemi Covid-19, sebagaimana perayaan hari raya Idul Fitri atau lebaran pada dua bulan silam.

    Meski bahaya penularan virus Corona terus mengancam, namun tidak menyurutkan semangat umat islam yang rindu untuk beribadah secara berjemaah di masjid-masjid kesayangannya. Tak terkecuali, jemaah Masjid Al Ukhuwah BSD City Tangerang yang ikut meramaikan pelaksanaan sholat Ied berjemaah di tanah lapang.

    Ada yang berbeda dengan pelaksanaannya kali ini dibandingkan dengan tahun lalu, yaitu ibadah sholat Ied berjemaah digelar di lapangan parkir pasar modern intermoda BSD City yang terletak tidak jauh dari Masjid utamanya di kawasan Cisauk, Tangerang.

    Dengan kapasitas lapangan parkir di kawasan Pasar Modern Intermoda BSD City yang lebih luas dan jumlah shaft jemaah yang lebih banyak daripada tahun lalu yang pernah diselenggarakan pihak takmir masjid di lapangan parkir masjid Al Ukhuwah, bunderan The Avani, BSD City Tangerang. Maka, pihak pelaksana Dewan Kemakmuran Masjid atau DKM Masjid Al Ukhuwah BSD menargetkan warga yang hadir meramaikan sholat Ied tersebut mencapai angka 2000 jemaah, baik terdiri dari anak-anak usia minimal 10 tahun hingga orang dewasa.

    Penerapan pelaksanaan sholat Ied berjemaah di tanah lapangan tersebut juga tetap mengacu kepada peraturan daerah setempat mengenai protokol kesehatan covid 19, yang antara lain yaitu penggunaan masker, pembatasan usia, social distancing, shaft sholat berjarak minimal 1 meter, dan sejumlah peraturan lainnya.

    “Jangan sampai kita menjadi cluster baru penularan covid 19 di wilayah BSD, Serpong dan sekitarnya, alhamdulillah kita berani jadi tidak kendala (dalam pelaksanaan) karena pengalaman ini sudah tujuh kali dan alhamdulillah jemaah mengikuti banget aturan yang kita gunakan,” ungkap Erwin Lubis, selaku ketua takmir masjid dalam keterangannya.

    Sementara itu, Imam sekaligus Khotib Al Ustadz Najmi Umar Bakkar Hafidzahullahu Ta’ala berpesan di dalam ceramahnya yaitu agar umat islam di saat masa wabah ini jangan pernah ragu dan goyah keyakinannya bahwa Allah itu ada. Khotib juga mengingatkan agar kita tetap menjaga dan meningkatkan cinta kita kepada Allah dan Rasul-Nya. Apabila kita hanya mencintai dunia atau harta semata, maka Allah akan murka dan akan menimpakan bencana dan musibah termasuk wabah penyakit seperti saat ini.

    Pagelaran sholat Ied berjemaah yang berkapasitas besar kali ini didukung oleh PT. Sinar Mas Land dan difasilitasi oleh Pasar Moderen Intermoda BSD City, Tangerang. Dan rencananya atas izin Allah DKM Masjid Al Ukhuwah BSD akan menyelenggarakan sholat berjemaah rutin khusus untuk warga pasar di kawasan Pasar Modern Intermoda BSD City. (Alam S/MTD)

    comments

    Loading...

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here