Mantan Presiden Mesir Hosni Mubarak Meninggal Dunia di Usia 91 Tahun

207

Moslemtoday.com : Muhammad Hosni El Sayed Mubarak, mantan presiden Mesir telah meninggal dunia pada usia 91 tahun, pada hari Selasa, (25/2/2020). Hosni Mubarak sempat dirawat intensif di rumah sakit setelah menjalani operasi. Hosni Mubarak telah berkuasa di Mesir selama 30 tahun sejak 1981 hingga 2011.

Hosni Mubarak meninggalkan seorang istri Suzanne Mubarak dan dua putra, Gamal dan Alaa Mubarak, seperti dilansir dari Al Arabiya.

Hosni Mubarak lahir di Kafr-el Meselha, Minufiya, pada 4 Mei 1928. Dididik di Akademi Militer Mesir dan Akademi Angkatan Udara, ia memulai karirnya pada tahun 1952 bekerja sebagai instruktur penerbangan di Akademi Angkatan Udara Mesir. Dia dengan cepat naik pangkat dan diangkat menjadi komandan Akademi Angkatan Udara pada tahun 1967, di mana ia memimpin akademi sampai 1969.

Pada tahun 1972, ia mendapatkan gelar Panglima Angkatan Udara Mesir dan Wakil Menteri Perang, jabatan yang dipegangnya sampai tahun 1975, ketika ia diangkat sebagai Wakil Presiden Mesir di bawah Presiden Anwar Sadat.

Mubarak juga mengadakan beberapa pertemuan selama masa jabatannya dalam proses perdamaian Arab-Israel. Pada bulan Juni tahun yang sama, Mubarak bertemu dengan Presiden AS George W. Bush di Washington untuk membahas konflik Israel-Palestina dan rencana perdamaian Mubarak untuk wilayah tersebut.

Pada 2006, ia menjadi tuan rumah pertemuan puncak dengan Perdana Menteri Israel Ehud Olmert, dalam upaya untuk mengoordinasikan langkah-langkah keamanan di sepanjang perbatasan.. Juga pada tahun 2006, ia bertemu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas untuk meminta pembicaraan damai yang diperbarui antara Israel dan Palestina. Dia juga bertemu dengan Presiden AS Barack Obama pada 2011 untuk membahas Perdamaian Timur Tengah. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here