Mesir dan Arab Saudi adalah Negara-negara Pertama yang Akui Kemerdekaan Republik Indonesia

3063

Moslemtoday.com : Sejarah kemerdekaan Indonesia merupakan kisah panjang perjuangan hingga akhirnya buah manis bisa dipetik melalui proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 lalu. Pada tahun ini, Indonesia memperingati HUT Kemerdekaan yang ke-72.

Kemerdekaan merupakan dasar penting bagi sebuah negara untuk bisa berdiri sendiri tanpa ada intervensi negara dan pihak lain. Melalui kemerdekaan, kedaulatan pula menjadi bagiannya.

Pada sejarah negara-negara, kemerdekaan juga membutuhkan pengakuan. Hal itu tergambar dalam dokumen sejarah yang dicatat. Termasuk dengan Indonesia. Usai mendeklarasikan kemerdekaan, posisi Indonesia semakin kuat dengan adanya negara-negara yang mendukung kemerdekaan tersebut.

Setelah proklamasi kemerdekaan RI 17 Agustus 1945, tercatat dalam sejarah bahwa negara-negara Timur Tengah termasuk yang pertama kali mengakui posisi Indonesia sebagai negara merdeka.

Sebagaimana dimuat dalam buku “Indonesia, Islam and Democracy” yang ditulis oleh Prof. Azyumardi Azra, disebutkan bahwa pertama kali, kemerdekaan Indonesia diakui dan didukung oleh Mesir dan Arab Saudi. Diketahui bahwa Indonesia juga sudah menjadi negara dengan populasi terbesarnya warga beragama Islam.

Rekam jejak sejarah ini yang dinilai membuat Indonesia hingga saat ini sangat memperhatikan kondisi Timur Tengah termasuk soal perjuangan kemerdekaan Palestina. Selain juga karena adanya mandat menentang penjajahan yang termaktub dalam Konstitusi NKRI. (DH/MTD)

Sumber : VIVA.co.id

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here