Mesir Sebut Qatar Danai Teroris di Libya di Sidang Dewan Keamanan PBB

1616

Moslemtoday.com : Mesir mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mendokumentasikan seluruh pelanggaran berulang-ulang yang dilakukan oleh beberapa negara dan memberikan sanksi, terutama kepada Qatar yang disebut telah ikut terlibat mendanai kelompok teroris di Libya.

Permintaan tersebut disampaikan dalam Sidang Dewan Keamanan PBB yang diadakan di Markas Besar PBB di New York yang membahas tentang, “Tantangan untuk Memerangi Terorisme di Libya”, di mana Asisten Menteri Luar Negeri Mesir Tariq Al Qooni mengusulkan tindakan berikut mengenai Libya:

  1. Mencapai rekonsiliasi politik di Libya
  2. Mengintensifkan upaya Misi Dukungan Perserikatan Bangsa-Bangsa di Libya (UNSMIL) dalam memantau dan melaksanakan kesepakatan politik.
  3. Memperkuat kerja sama dan koordinasi antara Komite Sanksi Libya, Komite Sanksi ISIS dan Komite Sanksi al-Qaeda
  4. Mencabut embargo senjata yang dikenakan pada tentara nasional Libya

Al Qooni mengatakan bahwa Qatar dan satu negara lain di kawasan tersebut mendukung kelompok ekstremis di Libya. Sementera Juru bicara militer Libya, Kolonel Ahmad al-Mismari mengungkapkan pada 7 Juni dokumen yang menunjukkan keterlibatan Qatar di Libya.

Duta besar Mesir untuk PBB, Sheikh Omar Abu al-Atta mengatakan bahwa terorisme adalah tantangan utama yang mempengaruhi stabilitas Libya, dan dampak negatifnya telah meluas ke negara-negara tetangga dan kawasan secara keseluruhan.

Abu al-Atta menambahkan bahwa terorisme meningkat di Libya, karena pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi memerintahkan pejuang asing untuk pergi ke Libya dan bukan ke Suriah dan Irak.

Delegasi Libya meminta agar tindakan berikut diambil oleh masyarakat internasional: –

  1. Mendukung dan menyediakan senjata yang dibutuhkan kepada Badan-badan Resmi Libya untuk memerangi terorisme
  2. Menyediakan perangkat/kamera pengintai bagi Libya untuk memantau perbatasan dan mengontrol masuknya pejuang asing
  3. Menerapkan resolusi Dewan Keamanan PBB No. 2178 yang mencegah masuknya pejuang dan senjata ilegal ke Libya
  4. Meningkatkan koordinasi antara Libya dan negara-negara lain untuk melacak perdagangan senjata
  5. Menyiapkan laporan yang memberikan informasi rinci tentang setiap senjata yang memasuki Libya

Sementara itu, Perwakilan Qatar di Sidang tersebut mengatakan bahwa negaranya ingin memerangi terorisme yang telah merepotkan Qatar. Dia mengklaim bahwa beberapa laporan para ahli tidak pernah membuktikan keterlibatan Qatar dalam setiap pelanggaran terhadap resolusi Dewan Keamanan atau kegiatan yang mengancam stabilitas Libya. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya | Weblink : https://english.alarabiya.net/en/News/gulf/2017/06/28/Egypt-calls-for-documentation-of-support-for-terror-by-countries-including-Qatar.html

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here