Mesir Vonis Syaikh Yusuf Qardhawi Hukuman Penjara Seumur Hidup

2793

Moslemtoday.com : Pengadilan militer Mesir pada hari Rabu (17/1/18) menjatuhkan hukuman mati kepada delapan orang, termasuk empat orang yang dihukum in-absentia. Mereka divonis karena terbukti terlibat dalam dalam tindak kekerasan pada tahun 2015, menurut pernyataan pengadilan tersebut.

17 orang lainnya dijatuhi hukuman penjara seumur hidup, termasuk seorang ilmuwan Muslim terkemuka Syaikh Yusuf al-Qaradawi bersama enam orang lainnya, yang diadili secara in-absentia, seperti dilansir dari Anadolu Agency, Kamis, (18/1/18)

Syaikh Al-Qardhawi, Ketua Persatuan Cendikiawan Muslim Internasional (IUMS) yang tinggal dan bermarkas di Doha, Qatar, dituntut dengan dakwaan “hasutan untuk membunuh”, “menyebarkan berita palsu” dan “memprovokasi aksi demonstrasi”.

Sementara itu, dua puluh enam terdakwa lainnya dalam kasus yang sama dibebaskan, termasuk empat anggota senior kelompok Ikhwanul Muslimin Mesir. Terdakwa yang diadili secara in absentia akan diperiksa ulang jika mereka ditangkap atau menyerahkan diri ke pihak berwenang.

Mesir telah digoncang oleh kekerasan sejak pertengahan 2013, ketika Presiden Muhammad Mursi -presiden terpilih pertama melalui pemilu dan pemimpin Ikhwanul Muslimin- digulingkan dan dipenjarakan dalam sebuah kudeta militer. (DH/MTD)

Keterangan : Pengadilan in-absentia adalah pemeriksaan suatu perkara untuk mengadili seseorang atau menghukumnya tanpa dihadiri oleh terdakwa tersebut.

Sumber : Anadolu Agency | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here