Pence Bertemu Sisi dalam kunjungan ke Timur Tengah di tengah kemarahan Arab pada AS

662

Moslemtoday.com : Wakil Presiden AS Mike Pence bertemu dengan Presiden Mesir Abdelfattah As-Sisi dalam kunjungan resmi ke Timur Tengah pasca penetapan AS menyatakan Jerusalem ibukota Israel. Mike Pence dijadwalkan melakukan kunjungan ke Mesir, Yordania dan Israel.

Dalam pertemuan tersebut, Mike Pence mengatakan kepada Sisi bahwa Amerika Serikat akan mendukung solusi dua negara untuk Israel dan Palestina jika kedua negara tersebut sepakat akan resolusi damai.

“Kami melihat Presiden As-Sisi tidak setuju,” kata Pence kepada wartawan setelah pertemuan mereka, mengatakan bahwa pemimpin Mesir itu menggambarkan keberatannya atas keputusan Trump sebagai “perselisihan antar sekutu”, seperti dilansir dari Daily Sabah, Ahad, (21/1/18).

Pence menyatakan bahwa dia meyakinkan Sisi bahwa Amerika Serikat berkomitmen untuk tetap melestarikan status quo tempat-tempat suci di Jerusalem dan tidak merubah resolusi akhir mengenai batas-batas kedua wilayah tersebut.

“Sisi menegaskan bahwa solusi untuk konflik Palestina-Israel hanya bisa diselesaikan melalui negosiasi berdasarkan solusi dua negara, dan Mesir akan memperjuangkan solusi tersebut,” bunyi pernyataan dari kepresidenan Mesir.

Dalam kunjungan tersebut, Pence tidak jadi bertemu dengan pemimpin Palestina. Para pemimpin Palestina marah dengan keputusan Trump tentang Jerusalem, dan menyatakan menolak untuk bertemu dengan para delegasi maupun pemimpin AS dan menolak AS menjadi mediator dalam perundingan damai Israel-Palestina. (DH/MTD)

Sumber : Daily Sabah | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here