Pompeo Coba Rayu Arab Saudi Agar Menormalisasi Hubungan dengan Israel

186

Moslemtoday.com : Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mencoba merayu Arab Saudi agar mengikuti jejak Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain untuk menormalisasi hubungan diplomatik dengan Israel.

Bertemu dengan Menteri Luar Negeri Saudi Pangeran Faisal Bin Farhan di Washington, Pompeo mengutarakan hal tersebut akan mewujudkan perdamaian abadi dan keamanan regional.

“Hal ini akan mencerminkan perlunya kerja sama regional untuk melawan pengaruh Iran dan menghasilkan kemakmuran. Kami berharap Arab Saudi akan mempertimbangkan untuk menormalisasi hubungannya juga,” kata Pompeo, seperti dilansir dari Middle East Monitor, Jumat, (16/10/2020).

Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump pada bulan lalu mengatakan bahwa dia juga mengharapkan Arab Saudi akan mengakui Israel pada waktu yang tepat.

Sementara itu, Pangeran Farhan Al-Saud dalam pernyataannya menegaskan bahwa tidak akan ada pengakuan Israel dari Arab Saudi tanpa mengembalikan hak-hak rakyat Palestina.

Arab Saudi menyatakan bahwa mereka mematuhi Prakarsa Perdamaian Arab tahun 2002, yang menawarkan untuk menormalkan hubungan dengan Israel dengan syarat pengakuan Kemerdekaan Palestina dan penarikan penuh Israel dari wilayah yang direbut pada tahun 1967. (DH/MTD)

Sumber : Middle East Monitor | Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here