Presiden Mesir Resmikan Gereja Katedral terbesar di Timur Tengah

211
Sumber : Google

Moslemtoday.com : Presiden Abdel Fattah al-Sisi meresmikan gereja terbesar Mesir di Ibukota New Administrative pada hari Minggu, menjelang Natal versi Kristen Koptik.

Kristen Koptik merupakan agama Kristen minoritas yang terbesar di Timur Tengah, yang akan menggelar misa pertamanya di Katedral Kelahiran itu, yang pemerintah menyebutnya sebagai gereja terbesar di Timur Tengah, beberapa jam setelah peresmian.

Acara peresmian ini juga dihadiri Para pejabat lokal dan pejabat asing termasuk Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan Ketua Liga Arab Ahmed Aboul Gheit, seperti disiarkan acara televisi pemerintah.

“Ini adalah momen penting dalam sejarah kita,” kata Sisi dalam pidatonya saat meresmikan katedral. “Kami adalah satu dan kami akan tetap menjadi satu,” tambahnya, merujuk pada orang Kristen dan Muslim Mesir. Seperti dilansir dari Reuters, Senin, (7/1/2019).

“Pada hari ini kami melihat Anda telah memenuhi janji ini dan di sini kami menyaksikan pembukaan besar pada kesempatan besar ini,” kata kepala gereja Koptik Paus Tawadros II. Dia akan memimpin misa tengah malam nanti di malam hari bersama presiden Sisi yang telah hadir.

Presiden AS Donald Trump juga memuji pembukaan gereja dan masjid tersebut.

“Senang melihat teman-teman kita di Mesir membuka Katedral terbesar di Timur Tengah. Presiden Al-Sisi sedang memindahkan negaranya ke masa depan yang lebih inklusif, ”tulis Trump, Minggu, (6/1/2019).

Sheikh Ahmed al-Tayeb, Imam Besar Masjid al-Azhar, mengatakan Islam mewajibkan umat Islam untuk menjaga dan mempertahankan rumah ibadah, baik Muslim, Kristen atau Yahudi.

Sumber : Reuters| Redaktur : Fairuz syaugi
Copyright © 1439 Hjr. (2019) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here