Presiden Sisi ke Trump : ‘Jangan Memperumit Masalah di Timur Tengah’

637

Moslemtoday.com : Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi mengatakan kepada Presiden AS Donald Trump untuk tidak memperumit masalah di Timur Tengah setelah Trump menelponnya membicarakan keputusan AS untuk memindahkan Kedubes AS dari Tel Aviv ke Jerusalem.

Presiden Sisi juga memperingatkan Trump untuk tidak mengambil tindakan yang akan merusak peluang perdamaian di Timur Tengah. Demikian seperti dilansir dari Reuters, Rabu, (6/12/17).

“Presiden Sisi menegaskan posisi Mesir untuk menjaga status hukum Jerusalem sesuai kerangka referensi internasional dan resolusi PBB yang telah disepakati bersama,” ungkap pernyataan tersebut.

Isu Jerusalem menjadi sorotan dunia internasional setelah pernyataan presiden Donald Trump mengumumkan akan memindahkan kantor kedutaannya di Tel Aviv ke Jerusalem. Keinginan Trump tersebut akan memicu konflik baru antara Israel-Palestina, karena rakyat Palestina melihat selama ini bahwa kota Jerusalem adalah ibukota mereka dan tempat berdirinya Masjid Al-Aqsa, tempat suci ke-3 bagi umat Islam.

Berbagai reaksi dan kecaman datang dari para pemimpin dunia Arab, Raja Salman memperingatkan Trump atas kebijakannya tersebut dapat menyakiti umat Islam seluruh dunia. Presiden Erdogan mengancam akan memutus hubungan diplomatik dengan Israel jika AS memindahkan kedutaannya ke Jerusalem. Raja Yordania Abdullah II memperingatkan Trump akan kebijakannya dapat memicu konflik baru antara Israel-Palestina. (DH/MTD)

Sumber : Reuters

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here