Syeikh Yusuf al-Qardhawi Terpapar Covid-19

112

Moslemtoday.com : Syeikh Yusuf al-Qardhawi, yang saat ini berbasis di Qatar dan merupakan ketua Persatuan Cendekiawan Muslim Internasional telah terjangkit Covid-19. Syeikh Qardhawi, yang berusia 90-an, telah menerima perawatan medis dan kondisinya saat ini dalam keadaan baik, seperti dilansir dari Middle East Eye, Rabu, (28/4/2021).

Syeikh Qardhawi dijatuhi hukuman mati oleh pengadilan Mesir secara in absentia pada tahun 2015 bersama dengan warga Mesir lainnya yang dikatakan berafiliasi dengan organisasi Ikhwanul Muslimin dalam kasus kerusuhan massal pada tahun 2011.

Syeikh Qardhawi telah menolak putusan tersebut dan menyangkal keterlibatan apa pun. Syeikh Qardhawi diketahui telah lama memiliki peran penting dalam kepemimpinan intelektual Ikhwanul Muslimin, meskipun berulang kali menyatakan bahwa dia tidak lagi menjadi anggota dan dua kali menolak tawaran untuk peran resmi dalam organisasi tersebut.

Kehadiran Syeikh Qardhawi di Qatar dan kritik terhadap Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi disebut-sebut sebagai salah satu penyebab keretakan antara Qatar dan negara-negara Arab lainnya yang menyebabkan mereka memboikot Qatar pada tahun 2017. Sementara itu, pada Januari 2021, keempat negara sepakat untuk mengakhiri perselisihan dengan Qatar dan telah membuka kembali hubungan diplomatik.

Syeikh Qardhawi mendukung Arab Spring dan membela mantan presiden Mesir Mohamed Morsi, yang berasal dari Ikhwanul Muslimin dan digulingkan oleh Sisi dalam kudeta pada 2013.

Syeikh Qardhawi dianggap sebagai salah satu ulama terkenal di dunia Islam dengan program acaranya di jaringan televisi Al Jazeera yang berbasis di Doha yang ditonton oleh jutaan pemirsa di seluruh dunia.

Pada tahun 2018, Interpol menghapus Syeikh Qardhawi dari daftar “buronan” setelah menemukan bahwa kasus yang diajukan terhadapnya oleh Mesir dan Irak “bermotif politik”.

Sumber : Middle East Eye | Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here