Tanggapi Isu Intoleransi di SMKN 2 Padang, Nadiem : Iya, Bisa Dipecat!

204

Moslemtoday.com : Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menanggapi isu intoleransi yang terjadi di SMKN 2 Padang, yakni adanya peraturan sekolah yang mewajibkan penggunaan jilbab bagi siswi di sekolah. Peraturan itu dinilai juga berdampak kepada siswi non-muslim di sekolah tersebut.

“Intoleransi di satuan pendidikan tak boleh terjadi lagi. Kemendikbud telah berkoordinasi dengan pemda untuk segera mengambil tindakan tegas sesuai dengan mekanisme yang berlaku, atas pelanggaran disiplin bagi pihak yang terlibat, termasuk menerapkan kemungkinan pembebasan jabatan,” kata Nadiem di akun Instagramnya, Minggu, (24/1/2021).

“Sebagai tindakan konstruktif, Kemdikbud RI akan segera mengeluarkan surat edaran dan membuka hotline pengaduan untuk menghindari terulangnya pelanggaran serupa,” tambah Nadiem.

Sebelumnya, Video Elianu Hia, orang tua salah satu siswi SMK Negeri 2 Padang, viral di media sosial. Elianu dipanggil pihak sekolah karena anaknya tak mengenakan jilbab sebagaimana diwajibkan dalam peraturan sekolah. Elianu dan anaknya, Jeni Hia, menolak mengenakan jilbab karena bukan muslim.

Atas kasus tersebut, Kepala SMKN 2 Padang sudah menyampaikan permohonan maaf yang difasilitasi oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat.

Sumber : @nadiemmakarim | Redaktur : Hermanto Deli

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here