Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Ads

Pemerintah Iran Resmi Umumkan Presiden Ebrahim Raisi Meninggal Dunia dalam Insiden Jatuhnya Helikopter di Provinsi Azerbaijan Timur


Moslemtoday.com :
Pemerintah Iran resmi mengumumkan kematian Presiden Ebrahim Raisi dalam insiden jatuhnya pesawat helikopter yang ditumpangi saat melintasi daerah pegunungan dalam kabut tebal di Provinsi Azerbaijan Timur, utara Iran, pada Ahad, (19/5/2024).

Stasiun televisi pemerintah Iran dan beberapa kantor berita semi-pemerintah seperti Tasnim dan Mehr News Agency melaporkan Presiden Raisi dan delapan orang lainnya yang ada di helikopter Belle 212 buatan Amerika Serikat itu tidak selamat.

“Pelayan bangsa Iran, Ayatollah Ebrahim Raisi telah mencapai tingkat kesyahidan tertinggi saat mengabdi kepada rakyat,” kata televisi pemerintah pada hari Senin, dan kantor berita Mehr juga mengatakan bahwa dia telah meninggal, seperti dilansir dari Al Arabiya, Senin, (20/5/2024).

Televisi pemerintah menayangkan foto-foto Raisi, dengan suara seorang pria yang sedang membaca Al-Quran sebagai latar belakangnya.

Wakil presiden Iran untuk urusan eksekutif Mohsen Mansouri, yang siap menjadi presiden sementara Iran, memposting di X sebuah ayat Alquran yang digunakan untuk menyatakan belasungkawa.

Selain itu, mantan Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif juga telah mengungkapkan kabar duka dan belasungkawa.

Zarif menyatakan belasungkawa atas "kemartiran" penggantinya Hossein Amirabdollahian bersama dengan Presiden Raisi. Zarif menggambarkan Amirabdollahian sebagai "saudaraku tersayang".

Dalam pesan yang diunggah di Instagram, Zarif menulis bahwa berita kecelakaan itu "menyakitkan".

"Saya mendoakan keridhaan Tuhan bagi para martir, kedamaian dan kesabaran bagi para penyintas, serta solidaritas dan kemajuan bagi rakyat Iran," ucap Zarif seperti dikutip Al Jazeera.

Setelah lebih dari 13 jam pencarian, tim SAR yang dipimpin Palang Merah Iran menemukan lokasi jatuhnya helikopter Raisi di perbukitan dekat Kota Varzaghan, Provinsi Azerbaijan Timur. Saat tim mencapai lokasi, kondisi helikopter sudah hancur terbakar. 

Televisi pemerintah Iran melaporkan "tidak ada tanda-tanda kehidupan" di antara penumpang helikopter yang membawa Presiden Ebrahim Raisi dan pejabat lainnya. ***

Sumber : Al Arabiya | Weblink : https://english.alarabiya.net/News/middle-east/2024/05/20/iran-s-president-raisi-fm-die-in-helicopter-crash-official-

Indonesian Islamic News Agency (IINA)

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel
Copyright © 2024 - Moslemtoday.com | All Right Reserved