Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Ads

Resmi! Turki Putus Hubungan Dagang dengan Israel


Moslemtoday.com :
Pemerintah Turki telah memutus hubungan dagang dengan Israel sejak Kamis, 2 Mei 2024 sebagai langkah tegas terhadap Israel atas semakin memburuknya tragedi kemanusiaan di Gaza, Palestina. Kementerian Perdagangan Turki mengumumkan Turki melarang ekspor dan impor barang ke dan dari Israel mencakup semua produk.

“Transaksi ekspor dan impor terkait Israel telah dihentikan, mencakup semua produk. Turki akan secara ketat dan tegas menerapkan langkah-langkah baru ini sampai Pemerintah Israel mengizinkan aliran bantuan kemanusiaan yang cukup dan tidak terputus ke Gaza,” tulis pernyataan Kementerian Perdagangan Turki, seperti dilansir dari Reuters, Jumat, (31/5/2024).

Diketahui, kedua negara memiliki volume perdagangan sebesar $6,8 miliar pada tahun 2023.

Turki bulan lalu memberlakukan pembatasan perdagangan terhadap Israel atas apa yang dikatakannya sebagai penolakan Israel untuk mengizinkan Ankara mengambil bagian dalam operasi pengiriman bantuan melalui udara ke Gaza dan serangannya di wilayah tersebut.

Sebelumnya pada hari Kamis, menteri luar negeri Israel mengatakan bahwa Presiden Turki Tayyip Erdogan melanggar perjanjian dengan memblokir pelabuhan untuk impor dan ekspor Israel.

“Beginilah perilaku seorang diktator, mengabaikan kepentingan rakyat dan pengusaha Turki, serta mengabaikan perjanjian perdagangan internasional,” tulis Menteri Luar Negeri Israel Israel Katz di platform media sosial X.

Katz mengatakan dia menginstruksikan kementerian luar negeri untuk berupaya menciptakan alternatif perdagangan dengan Turki, dengan fokus pada produksi lokal dan impor dari negara lain.

Sumber : Reuters | Weblink : https://www.reuters.com/world/middle-east/israel-says-turkeys-erdogan-is-breaking-agreements-by-blocking-ports-trade-2024-05-02/

Redaktur : Hermanto Deli | Indonesian Islamic News Agency (IINA)

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel
Copyright © 2024 - Moslemtoday.com | All Right Reserved