Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Ads

Wapres Ma'ruf Amin Apresiasi Upaya Bersama Indonesia-Arab Saudi soal Perang Israel-Palestina


Moslemtoday.com :
Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin memberikan apresiasi terhadap Arab Saudi yang ikut membantu penyelesaian konflik Palestina-Israel . Hal ini dibahas ketika menerima Kunjungan Kehormatan (Courtesy Call) Menteri Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi Tawfiq bin Fauzan Al-Rabiah, di Istana Wapres, Jalan Merdeka Selatan No.6, Jakarta Pusat, Selasa (30/4/2024).

Lebih jauh Wapres mengungkapkan, memburuknya situasi telah menciptakan destabilisasi keamanan di kawasan. Pemerintah Indonesia pun konsisten menyuarakan penolakan atas apa yang dilakukan Israel terhadap rakyat Palestina.

"Indonesia mendorong semua pihak untuk segera menghentikan kekerasan serta memastikan penyaluran bantuan kemanusiaan dapat diterima oleh rakyat Palestina," tegasnya.

Sebagai anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), Wapres mengungkapkan, baik Indonesia maupun Arab Saudi telah menunjukkan komitmen bersama dalam mendukung upaya penyelesaian konflik Palestina-Israel. Untuk itu, Pemerintah Indonesia mengapresiasi Upaya tersebut.

"Indonesia juga mengapresiasi upaya bersama dengan Arab Saudi dalam kerangka Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) untuk menggalang dukungan bagi penyelesaian konflik Israel-Palestina," pungkasnya.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Tawfiq bin Fauzan menekankan, Pemerintah Arab Saudi sejalan dengan komitmen Pemerintah Indonesia dalam menyelesaikan konflik Israel-Palestina.

"Terkait dengan isu Palestina kami juga sepakat dengan yang mulia bahwasanya apa yang telah terjadi di sana merupakan bentuk pelanggaran yang sangat nyata dari negara kolonial yaitu Israel dan kami menyampaikan apresiasi kepada posisi Indonesia yang selama ini dengan penuh ketegasan dan konsisten membela hak-hak bangsa Palestina," ungkap Tawfiq.

"Sebagaimana Yang Mulia ketahui, karena tekad Arab Saudi yang sangat tinggi untuk membela hak-hak bangsa Palestina, Kami telah menyelenggarakan KTT Luar biasa OKI pada bulan Oktober yang lalu di Riyadh, dan Presiden Republik Indonesia juga turut hadir dalam kesempatan tersebut," tambahnya.

Lebih jauh Tawfiq mengungkapkan, KTT OKI telah menetapkan resolusi yang sangat penting salah satunya adalah membentuk satu komite yang terdiri dari menteri-menteri luar negeri, termasuk Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi. Mereka secara intensif bekerja sama untuk melakukan berbagai macam upaya diplomasi untuk membantu perjuangan bangsa Palestina.

"Komite Menteri Luar Negeri [negara-negara yang tergabung dalam] OKI tersebut telah melakukan berbagai macam upaya diplomasi, termasuk mengunjungi beberapa ibukota dari negara-negara penting," ungkap Tawfiq.

"Upaya tersebut telah melahirkan berbagai macam capaian. Dan Koordinasi selalu berlanjut antara Pemerintah Arab Saudi dan juga Pemerintah Indonesia terkait dengan pemberian dukungan kepada Bangsa Palestina termasuk melalui salah satunya Organisasi kerjasama Islam," tutupnya. ***

Indonesian Islamic News Agency (IINA)

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel
Copyright © 2024 - Moslemtoday.com | All Right Reserved