Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Ads

Resmi! 6 Kandidat Capres Maju ke Pilpres Iran, Ahmadinejad Didiskualifikasi


Moslemtoday.com :
Otoritas Iran mengumumkan daftar kandidat yang disetujui untuk mencalonkan diri dalam pemilihan presiden yang dijadwalkan digelar pada 28 Juni mendatang.  Namun, nama mantan presiden Mahmoud Ahmadinejad dan mantan ketua parlemen Ali Larijani, tidak masuk dalam daftar tersebut karena didiskualifikasi.

Pemilu mendatang, yang semula dijadwalkan pada tahun 2025, dipercepat karena kematian mendadak Presiden Ebrahim Raisi dalam kecelakaan helikopter pada bulan Mei lalu. 

Dewan Wali, sebuah badan ulama dan ahli hukum yang berada di bawah pengawasan Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei, menyetujui enam kandidat calon presiden seperti dilansir dari Al Arabiya, Senin (10/6/2024) :

1. Ketua Parlemen saat ini Mohammad-Bagher Ghalibaf

2. Mantan perunding nuklir Saeed Jalili

3. Anggota parlemen Masoud Pezeshkian

4. Wali Kota Teheran Alireza Zakani

5. Mantan Menteri Dalam Negeri Mostafa Pourmohammadi

6. Wakil Presiden petahana Amirhossein Ghazizadeh-Hashemi

Dari daftar tersebut, kecuali Pezeshkian yang berafiliasi dengan kubu politik "reformis" Iran, lima kandidat lainnya dianggap "konservatif" atau "ultrakonservatif."

Kandidat paling terkenal adalah mantan presiden Mahmoud Ahmadinejad, yang, pada usia 67 tahun, ingin kembali menjadi presiden, posisi yang dipegangnya selama dua periode berturut-turut dari tahun 2005 hingga 2013. Dengan ini berarti Ahmadinejad telah didiskualifikasi untuk ketiga kalinya, menyusul kegagalannya dalam pencalonan pada tahun 2017 dan pemilihan presiden 2021.

Ahmadinejad, yang pernah menjadi sekutu favorit Pemimpin Tertinggi Khamenei di periode pertama, tidak lagi disukai pemimpin tertinggi tersebut selama masa jabatan keduanya. Ahmadinejad kerap berseberangan dengan Ali Khamenei dan sejak itu ia kerap dikesampingkan dari publik. ***

Sumber : Al Arabiya | Weblink : https://english.alarabiya.net/News/middle-east/2024/06/09/iran-approves-6-candidates-for-presidential-election

Redaktur: Hermanto Deli | Indonesian Islamic News Agency (IINA)

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

Bottom Post Ads

Copyright © 2024 - Moslemtoday.com | All Right Reserved